Minggu, 22 Mei 2016

Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam Duri

Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam Duri -Bayam duri merupakan tanaman bayam yang tumbuh liar dipekarangan rumah. Bayam ini pada umumnya lebih dikategorikan sebagai rumput liar, karena tanpa ditanam bayam ini tumbuh dengan sendirinya.

Bayam duri sejatinya memiliki nama latin yakni Amaranthus Spinosios, tanaman yang satu inipun juga tak kalah memiliki khasiat dan manfaat dengan bayam pada umumnya. Meskipun demikian kebanyakan orang menganggap sebelah mata akan bayam ini. Ya memang bentuk tekstur dari bayam ini sedikit agak kasar jika dilihat secara langsung.

Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam Duri

Dalam sebuah buku yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1, karya dr Setiawan Dalimartha, Trubus Agriwidya, Jakarta, 1999, tersebut menerangkan bawah bayam duri memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita salah satunya adalah akarnya, banyak khasiat yang bisa diambil. Misalnya untuk pengobatan bisul yang keras, wasir (hemoroid), ekzema, gusi bengkak berdarah, malancarkan pengeluaran ASI ( laktagoga ), demam, kutil, luka bakr dan di gigit ular berbisa. Seluruh tumbuhan direbus, airnya selagi hangat di gunakan untuk merendam kaki yang pegal linu, dan reumatik.



Khasiat dan Manfaat Bayam Duri Bagi Kesehatan
Bayam Duri

Menurut penelitian yang telah dilakukan mengenai kandungan dari bayam duri ini ditemukan beberapa kandungan kimia seperti amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfta, zat besi, serta vitamin (A,C,K dan pirodoksin =B6).

Jelas sudah jika memang benar adanya si daun bayam duri ini memiliki khasiat dan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa Khasiat dan Manfaat Bayam Duri Bagi Kesehatan serta Cara Pengolahannya:



Mengobati Disentri
Cara Pengobatan: Akar bayam duri sebanyak 30 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 15 g gula enau/aren dan 2 gelas air bersih. Rebus sampai airnya tersisa ½ gelas. Setel;ah dingin disaring, minum sekaligus sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.

Mengatasi Keputihan
Cara Pengobatan: Akar bayam duri segar sebanyak 30-60 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan gula batu seukuran kelereng. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi sama banyak untuk 2 kali, minum pagi dan sore hari.

Mengatasi Sakit tenggorokan
Cara Pengobatan: Akar bayam duri segar sebanyak 45 g dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, siapkan untuk diminum. Sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.

Mengatasi Radang saluran napas
Cara Pengobatan: Daun bayam duri segar sebanyak ½ genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan 3 sendok makan air masak dan sedikit garam. Aduk merata, lalu diperas dan disaring. Minum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali.

Mengobati Sakit gigi
Cara Pengobatan : Akar dicuci bersih, lalu dikunyah.

Mengobati TBC kelenjar
Cara Pengobatan: Seluruh tumbuhan bayam duri (batang, daun dan akar) sebanyak 30-60 g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1,5 gelas air bersih dan 1,5 gelas arak putih, sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum. Pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.

Mengobati Kencing Nanah
Cara Pengobatan : Ambil 1 potong akar bayam duri lalu rebus bahan diatas dengan air secukupnya sampai mendidih kemudian kita saring lalu tuangkan kedalam ukuran 1 gelas, konsumsilah 2x sehari sampai penyakit ini sembuh.


Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam Duri - Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca yang budiman. Terimakasih,,,

Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam Duri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar